BERBAGAI MACAM DAN JENIS POWERTOOLS

 JENIS JENIS POWERTOOLS


PENGERTIAN
Power tools / peralatan bertenaga adalah peralatan yang dioperasikan tidak dengan tenaga manusia, namun dioperasikan dengan menggunakan listrik, pneumatic (tekanan udara) dan hidrolis (tekanan fluida). Untuk membantu pekerjaan elektromekanik.

Peralatan ini tidak bisa berfungsi jika tidak terkoneksi dengan listrik. Peralatan ini harus sesuai dengan pemilihan kebutuhan. Misalnya bor yang digunakan untuk mengebor pcb dan mengebor base plate tentu saja berbeda, untuk mengebor base plate kita gunakan mata bor hole saw.
Berikut jenis jenis POWERTOOLS :

1. Bor Listrik (Portable Electric Drill)

Bor listrik portable atau disebut juga bor tangan memiliki spesifikasi berdasarkan ukuran chuck, ukuran motor (hp), dan kecepatan (rpm).

2.Bor Duduk

Bor ini nama nya bor duduk yang dimana memungkinkan kita bisa bor sambil duduk. Jenis ini pada umumnya digunakan untuk melubangi besi dimana lubang yang dibuat pada besi itu banyak, oleh karena itu mesin bor ini di desain sedemikian rupa agar pengguna bor tidak mudah lelah. Tinggal putar saja tuasnya, maka mata bor dan kepala bor nya akan turun ke bawah. Mesin bor ini dapat mengebor beberapa lapis besi sekaligus, dengan tebal maksimal sesuai dengan panjang mata bor yang digunakan. Bor ini umum nya digunakan pada putaran lambat, tapi kecepatan putarannya bisa diatur melalui belting yang berada pada bagian atasnya. Bor jenis ini juga sama seperti bor tangan, mempunyai beberapa sub-jenis berdasarkan ukurannya.





3.Gerinda Portabel (Portable Power Grinder)

Portable power grinder tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.
 
 
 

4.Gerinda Potong (Abrasive Cut Off Saw)

Abrasive cut off saw memotong material dengan cara memutar abrasive wheel (mata pemotong) yang tipis. Material yang sering dipotong menggunakan alat ini adalah kaca, keramik dan bahan logam lain (tetapi bukan aluminium, zinc atau logam lunak lainnya), material dapat dipotong sesuai dengan toleransi yang diizinkan.
 
 
 

5.Gerinda Duduk (Bench Grinder)

Mesin gerinda jenis ini dipasang pada meja kerja dan dibaut. Mesin ini memiliki dua batu gerinda pada kedua ujungnya dan umumnya digunakan untuk mengasah benda-benda berukuran kecil, seperti mata bor, pahat tangan, pahat bubut, kapak, pisau, golok dan sebagainya.
 

6.Las Listrik

Las busur listrik umumnya disebut las listrik adalah salah satu alat untuk menyambung logam dengan cara menggunakan nyala busur listrik yang diarahkan ke permukaan logam yang akan disambung.
 

7.Kompresor

Kompressor adalah mesin untuk memampatkan udara atau gas. Secara umum cara kerja kompresor adalah mengisap udara dari atmosfer, yang secara fisika merupakan campuran beberapa gas dengan susunan 78% Nitrogren, 21% Oksigen dan 1% Campuran Argon, Carbon Dioksida, Uap Air, Minyak, dan lainnya.
 
 

8.Mesin Gergaji (Jigsaw)

Mesin gergaji / jigsaw adalah mesin gergaji yang pergerakan mata gergajinya naik turun, dan biasa digunakan untuk memotong kayu, terutama untuk membentuk potongan yang berlekuk-lekuk. Karena mata pisau-nya tipis mesin potong ini kurang cocok untuk memotong papan tebal karena akan menghasilkan potongan yang kurang rata.
 
 

Comments

Popular Posts