PEMGERTIAN HANDTOLS


Hand Tool Adalah Alat Bantu yang memudahkan pekerjaan manusia dan cara pengoperasiannya terutama menggunakan tenaga yang berasal dari tangan.

1.TANG 

Tang (Pliers) merupakan handtools yang berfungsi untuk memotong, membengkokan, memegang atau menjepit dan lain sebagainya. Tang memiliki beberapa jenis tergantung fungsi dan bentuknya yaitu: 
  • Riagonal cutting pliers yang befungsi untuk memotong kawat baja,
  • Ends cutting plier yang berfungsi untuk memotong kawat dengan rahang yang membuka 90 derajat
  • Flat nose pliers yang berfungsi untuk memegang benda kecil dengan ujung berbentuk segi empat dan tirus pada ujungnya,
  • Long nose plier yang berfungsi untuk memegang benda kecil dengan ujugn berbentu bulat tirus, 
  • Round nose plier untuk membengkokan kawat atau plat
  • Combination plier digunakan untuk berbagai pekerjaan tangan, polygrip plier untuk memegang benda dengan ujung yang dapat diatur.


2.OBENG

Obeng (Screw Driver) merupakan handtools yang memiliki fungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan komponen pada kendaraan semisal sekrup dan lain sebagainya. Obeng terbuat dai batang baja yang kuat kemudian diberi gagang dari kayu atau plastik. Obeng terdiri dari dua jenis dilihat dari bentuk penampangnya yaitu obeng minus yang digunakan untuk serkrup penampang min dan obeng plus untuk skrup berpenampang plus. Sementara dilihat dari jenis terdapat tiga jenis obeng yaitu:
a. Obeng minus (-)
Berbentuk pipih dipergunakan untuk memutar sekup, beralur min

b. Obeng Plus (+)
Dipergunakan untuk memutar sekrup beralur plus.



c. Obeng Offset
Cirinya obeng inni berbentuk bengkok, untuk memutar cukup diputar bagian ijungnya. Digunakan untuk memutar baut di tempat yang sempit atau sulit dijangkau

d. Obeng Spiral / Obeng KetokObeng ini akan berputar sendiri ketika di pukul / ketok

3. Kunci pas

Kunci pas adalah sebuah kunci dengan bentuk segienam (tidak penuh) yang pas atau sesuai dengan ukuran kepala baut. Kunci ini banyak digunakan untuk melepas baut atau mur yang memiliki sela yang cukup sempit.
Namun karena bentuknya tidak melingkari baut secara keseluruhan, kunci ini kurang cocok saat dipakai untuk melepas baut yang sangat keras.
4. Kunci ring


Kunci ring adalah sebuah kunci yang memiliki bentuk segi 12 yang melingkari kepala baut. Kunci ini memiliki bentuk segi yang lebih banyak sehingga bisa digunakan pada sudut yang lebih leluasa.

Berbeda dengan kunci pas, kunci ring sangat baik saat digunakan untuk melepas baut yang keras karena bentuknya yang melingkari baut tentu bisa lebih aman.


5. Kunci kombinasi (pas ring)

Merupakan kunci yang memiliki dua bentuk yang berbeda pada kedua ujungnya, yakni ujung kunci pas dan kunci ring. Kunci ini dibuat untuk memudahkan mekanik dalam melepas/memasang baut yang kadang selanya menyulitkan.

6. Kunci T


Kunci T adalah sebuah kunci berbentuk T dengan ujung bawah berupa shock atau tabung yang masuk kedalam kepala baut.
Kunci ini biasa digunakan untuk melepas baut yang posisinya didalam lubang, dimana tidak memungkinkan kita melepasnya menggunakan kunci ring atau pas.

7. Hexagonal L key

Hex key adalah kunci yang berbentuk segi enam kebalikan dari baut biasa, jadi kalau baut biasa itu berbentuk segi enam yang menonjol sementara baut ini memiliki bentuk cekungan segi enam sehingga butuh kunci segi enam yang bisa masuk kedalam cekungan tersebut.

8. Palu / Martil

Martil / Palu adalah alat pemukul. Palu ini dibuat bermacam-macam bentuknya sesuai dengan kebutuhan dan jenis pekerjaannya. Ada empat jenis martil / Palu yaitu :

a. Palu Besi Paku / Nail hammer)

b. Palu besi kepala bulat (Ball-peen hammer)
c. Palu Kepala Lunak
Palu ini digunakan untuk memukul benda-benda yang lunak atau benda yang mudah pecah.
Kepala Palu ini biasanya terbuat dari Plastik, karet ataupun kayu.

Comments

Post a Comment

Popular Posts